a.
Minbariah: masalah ini merupakan masalah ‘aul. Dinamakan minbariah karena ketika
sayyid Ali bin Abi Thalib memfatwakan hal ini beliau sedang berada di mimbar.
Contoh: seorang lelaki meninggal, meninggalkan
istri, bapak, ibu, & 2 anak pr
Ahl waris
|
Bag.
|
24 aul 27
|
Istri
|
1/8
|
3
|
Bapak
|
1/6 + sisa
|
4
|
Ibu
|
1/6
|
4
|
2 anak pr
|
2/3
|
16
|
|
|
27
|
b.
Kharqa’: permasalahhan terkait ibu, kakek, dan
saudari kandung/sebapak. Zaid bin Tsabit, Imam Malik, Imam Syafi’i, dan Imam
Ahmad berpendapat untuk ibu sepertiga dan sisanya dibagi antara kakek dan
saudari, dengan ketentuan laki-laki diberi dua kali bagian perempuan. Sayyid
Ali berpendapat untuk ibu sepertiga, untuk saudari setengah, dan sisanya untuk
kakek. Sedangkan Ibnu Abbas dan madzhab Hanafi berpendapat bahwa saudari tidak
mendapatkan apapun atau termahjub.
Dinamakan Kharqa’ karena sengitnya
perdebatan terkait masalah ini.
Contoh:
Ahl Waris
|
Bag.
|
3x3=9
|
||
Ibu
|
1/3
|
1
|
3
|
3
|
Kakek
|
Sisa (berbagi)
|
2
|
6
|
4
|
Saudari pr kandung
|
2
|
|||
|
|
3
|
9
|
9
|
c.
Akdariyah atau Ghara’:
dalam permasalahan suami, ibu, kakek, dan saudari pr kandung/sebapak. Jumhur
ulama selain Abu Hanifah berpendapat berdasarkan pada madzhab Zaid bin Tsabit
yang mengatakan saudari perempuan tidak mendapat bagian setengah ketika bersama
kakek tetapi berbagi sisa antara keduanya. Kecuali pada masalah akdariah ini.
Contoh:
Ahl Waris
|
Bag.
|
6 aul 9 x 3=27
|
|||
Suami
|
½
|
3
|
3
|
9
|
9
|
Ibu
|
1/3
|
2
|
2
|
6
|
6
|
Kakek
|
1/6
|
1
|
4
|
12
|
8
|
Saudari kandung
|
½
|
3
|
4
|
||
|
|
9
|
9
|
27
|
27
|
d.
Ummul Furukh atau Syarihiyyah:
masalah ini dinamakan Syarihiyyah
karena terjadi sewaktu jaman Qadhi Syarih, dan ia meng’aulkan masalah hingga
10.
Contoh:
Ahl Waris
|
Bag.
|
6 ‘aul 10
|
Suami
|
½
|
3
|
Ibu
|
1/6
|
1
|
2 saudari seibu
|
1/3
|
2
|
2 saudari kandung
|
2/3
|
4
|
|
|
10
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar