Pada
ketentuan awal, ibu mendapatkan bagian sepertiga dari seluruh harta. Tetapi
bilamana ibu mendapatkan bagian tersebut, sedangkan bapak memiliki bagian lebih
kecil. Maka, ibu tidak diberikan bagian sepertiga dari seluruh harta. Tetapi,
diberikan bagian sepertiga dari sisa harta. Masalah ini dinamakan Masalatani
Umarayatani karena atas keputusan Sayyid Umar Ibn Khattab.
Masalah pertama :
Kasus pertama
|
|
Kasus kedua
|
||||
Ahli waris
|
Bag.
|
6
|
|
Ahli waris
|
Bag.
|
6
|
Suami
|
½
|
3
|
|
Suami
|
½
|
3
|
Ibu
|
⅓
|
2
|
|
Ibu
|
⅓ dari sisa
|
1
|
Bapak
|
Sisa
|
1
|
|
Bapak
|
Sisa
|
2
|
|
|
6
|
|
|
|
6
|
Masalah kedua :
Kasus pertama
|
|
Kasus kedua
|
||||
Ahli waris
|
Bag.
|
12
|
|
Ahli waris
|
Bag.
|
12
|
Istri
|
¼
|
3
|
|
Istri
|
¼
|
3
|
Ibu
|
⅓
|
4
|
|
Ibu
|
⅓ dari sisa
|
3
|
Bapak
|
Sisa
|
5
|
|
Bapak
|
Sisa
|
6
|
|
|
12
|
|
|
|
12
|
a.
Perbedaan
ahli fikih dalam dua permasalahan ini
1)
Zaid
bin Tsabit bependapat bahwa ibu mendapatkan seperiga dari sisa. Dan ini adalah
pendapat sebagian besar sahabat san dietapkan oleh Sayyid Umar bin Khatab.
2)
Ibnu
Abbas berpendapat bahwa ibu tetap mendapatkan sepertiga dari seluruh harta.
Peringatan :
Kakek
menempati tempat bapak ketika bapak tidak ada dalam banyak masalah. Tetapi,
tidak dalam masalah ini. Sama seperti kakek tidak menghijab saudara kandung dan
saudara sebapak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar